Selasa, 22 Januari 2008

bahasa Ind & Inggris 12 IPA

  1. Dalam waktu tiga puluh tahun terakhir ini,setiap hari diperkirakan seratus jenis makhluk hidup mulai dari jasad renik, tumbuh-tumbuhan sampai binatang tingkat tinggi musna dari muka bumi. Penyebab musnanya makhluk hidup itu bisa karena alam seperti gunung meletus atau karena desakan populasi manusia yang membutuhkan lahan hidup. Jika pohon ditebang, pohon itu akan menimpa pohon lain. Pohon yang tumbang itu akan membunuh fauna atau jasad renik yang ada di pohon itu sendiri serta yang ada di sekitarnya.

Gagasan pokok yang dikemukakan bacaan di

atas adalah ….

    1. Musnanya makhluk hidup di muka bumi

    2. Perkembangbiakan makhluk hidup di muka bumi

    3. Penyebab utama musnanya makhluk hidup

    4. Kebutuhan lahan hidup manusia

    5. Latar belakang timbulnya bencana di muka bumi.


  1. Arti kata populasi pada wacana soal nomor 1 di atas adalah … .

    1. seluruh jumlah orang di suatu daerah

    2. kelompok masyarakat

    3. penduduk yang memerlukan tempat tinggal

    4. makhluk hidup yang berperilaku sama

    5. kumpulan orang yang berkerumun


  1. Senjata konvensional seperti panah, keris, dan tombak menjadi perangkat utama perang zaman dulu. Tidak ada sedikit pun rasa takut. Secara psikis, mereka merasa bagian utama dari kerajaan. Sekarang, alat perang tersebut dijadikan barang antik. Harganya pun sangat fantastis karena ada yang seharga rumah mewah di lingkungan elit.


Istilah yang digunakan secara salah dalam paragraf di atas adalah … .

    1. konvensional

    2. psikis

    3. antik

    4. fantastis

    5. elit


  1. Kebijakan paling arif untuk membebaskan lebih banyak dari jeratan nikotin harus dimulai dari sekolah. Bagaimana pendidik mencegah anak-anak agar tidak sampai menjadi perokok baru? Bujukan mistik rokok, ikhwal menjadi gagah dan macho-nya bila orang merokok harus dihapus dari benak anak. Keteladanan Hollywood yang membangun kegagahan seseorang dengan memilih merokok juga perlu direvisi.


Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi penggalan wacana di atas adalah … .

    1. Propaganda bebas rokok harus dimulai dari sekolah.

    2. Pendidik harus mencegah munculnya perokok baru.

    3. Perokok menjadi gagah dan macho setelah menghisap rokok.

    4. Seseorang yang menghisap rokok menjadi teladan bagi orang lain.

    5. Rokok mengandung nikotin yang mampu menjerat siswa.


  1. Tumang : ”Dalam beberapa saat mereka akan tiba.”

Mbolo : ”Bagaimana kau tahu?”

Tumang : ”Dari Kediri mereka berangkat subuh. Mereka membawa beban dan gerakan mereka tidak akan cepat.”

Mbolo : ”Kau yakin?”

Tumang : ”Sudah aku cium bau mereka. Sekarang cepat kalian bersembunyi. Aku akan membunuh yang paling kuat di antara mereka. Begitu aku menyerang, kalian langsung menyerang.”


Isi dialog penggalan drama di atas adalah … .

    1. pengawal yang hendak ditaklukkan Tumang

    2. akan Tumang untuk mencapai tujuan

    3. pertengkaran antara Mbolo dengan perampok

    4. taktik Tumang dalam penyerbuan

    5. perselisihan antara Mbolo dan Tumang


  1. Persoalan besar yang sekarang dihadapi negara-negara berkembang dalam menghadapi globalisasi dan tuntutan dunia internasional untuk meliberalisasikan persekonomiannya adalah biaya sosial dan politik yang terjadi akibat terbukanya pasar barang dan pasar finansial.


Bacaan di atas termasuk jenis karangan … .

    1. narasi

    2. deskripsi

    3. argumentasi

    4. eksposisi

    5. persuasi


  1. Buku Seni Menjual ini memang menarik. Judul itu saja sudah mampu menjual buku itu sendiri. Apalagi isinya berupa contoh nyata yang benar-benar terjadi sehingga tidak bombastis. Tidak dipungkiri kalau buku ini dicari, diburu oleh mahasiswa yang tertarik di bidang penjualan.


Kutipan resensi di atas menyoroti … .

    1. isi buku

    2. keunggulan buku

    3. identitas buku

    4. latar belakang penulisan buku

    5. permasalahan dalam buku



  1. Gasifikasi merupakan salah satu proses konversi termokimia yang mengubah biomassa menjadi bahan bakar gas dengan panas pembakaran sekitar 20 MJ/kg. Sebagai bahan perbandingan, bahan bakar minyak kira-kira bisa menghasilkan panas pembakaran 40 MJ/kg dan batubara 32 MJ/kg.


Paragraf di atas berisi informasi tentang … .

    1. Konvensi termokimia sebagai pengubah biomassa menjadi bahan bakar gas.

    2. Bahan-bahan yang dapat menghasilkan energi.

    3. Perbandingan potensi energi antara biomassa, minyak, dan batubara.

    4. Besarnya energi yang dibutuhkan untuk membakar massa.

    5. Besarnya energi yang dihasilkan oleh minyak dan batubara.


  1. Kata serapan yang ditulis secara baku terdapat dalam kalimat … .

    1. Kami tidak mau lagi menanggung resiko yang akan terjadi.

    2. Senam erobik menjadi kegiatan ibu-ibu muda di perumahan itu.

    3. Secara kusus, persoalan itu akan dibahas pada rapat mendatang.

    4. Sebagai seorang manager, ayah sangat disiplin waktu.

    5. Beliau memang memiliki karisma yang tinggi.


  1. Kata ulang digunakan secara tepat pada kalimat …

    1. Mereka sedang jalan-jalan di sekitar Muara Takus.

    2. Siswa-siswi kami tampak berduduk-duduk di halaman sekolah.

    3. Sudah dua hari ini mereka sedikit-sedikit marah.

    4. Terjadi persaingan-persaingan tidak sehat dalam perdagangan.

    5. Beberapa dari lukisan-lukisan itu mahal.


  1. Sudah berulangkali saya sampaikan materi ini. Jadi, hanya ini saja yang saya berikan.


Kalimat di atas dapat diperbaiki dengan … .

    1. mengganti berulangkali menjadi berulang-ulang

    2. menghilangkan kata ­jadi dan saja

    3. mengganti kata berulangkali menjadi berulang-ulang dan menghapus kata hanya

    4. menghilangkan kata sudah dan jadi

    5. menghilangkan kata materi dan hanya


  1. Kalimat yang tepat untuk pembuka lamaran pekerjaan berdasarkan iklan di surat kabar adalah … .

    1. Saya membaca iklan pada harian Suara Karya, 14 Oktober 2005, saya mengajukan lamaran …

    2. Berdasarkan iklan di harian Suara Karya tanggal 14 Oktober 2005 tentang lowongan kerja, dengan ini saya …

    3. Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian Suara Karya, 14 Oktober 2005 yang berisi lowongan kerja, maka dengan ini saya …


  2. Menurut isi iklan tanggal 14 Oktober 2005, dengan ini saya mengajukan …

    1. Pada harian Suara Karya 14 Oktober 2005 memuat lowongan kerja, maka dengan ini saya …


  1. Kata berimbuhan asing digunakan secara tepat dalam kalimat … .

    1. Cara berpikir dia tidak logika dan tidak sistematis.

    2. Ramuan ini bisa menetralisir racun yang ada pada tubuh manusia.

    3. Kepentingan duniawiah harus diimbangi dengan ibadah.

    4. Tempat berdagangnya sangat strategis.

    5. Ia ingin menjadi seorang ahli arsitek terkenal.


  1. Dari hasil pengamatan, penulis memperoleh temuan ada sebagian besar tokoh masyarakat yang mengatakan bahwa perilaku remaja kota berpengaruh terhadap remaja desa. Akibatnya, kesederhanaan remaja desa semakin lama pudar akibat tekanan hebat dari informasi tentang perilaku remaja kota.


Paragraf di atas merupakan kutipan karya tulis pada bagian … .

    1. kata pengantar

    2. latar belakang

    3. rumusan masalah

    4. kesimpulan

    5. pembahasan


  1. Aku merasa ringan. Kini aku sudah menceritakan ini semua kepada Wak Katok beban dosa yang selama ini menghimpit hati dan kepalaku. Aku sudah mengakui dosa-dosaku dan tolonglah supaya Tuhan suka kiranya mengampuni dosa-dosaku Wak katok …”. Pak Balam mendekatkan kedua belah telapak tangan seperti orang berdoa, dan mulutnya komat-kamit. Pak Haji bertakbir, perlahan-lahan.


(Harimau-Harimau, Mochtar Lubis)


Watak Pak Balam dalam penggalan roman di atas adalah … .

    1. jujur

    2. penakut

    3. pemarah

    4. mudah menyerah

    5. suka membanggakan diri



  1. Yth. Sdr. Marbun Junaedi

Karena ada tugas mendadak, saya terpaksa tidak dapat menghadiri undangan pelantikan Kepala Dinas Pendidikan di Gedung B pada Selasa 13 September 2005 pukul 09.00.

Oleh karena itu, saya harap Saudara dapat mewakili saya.

Terima kasih


Apabila surat di atas diubah menjadi sebuah memo, susunan yang tepat adalah … .

    1. Saya mohon Anda mau mewakili saya menghadiri pelantikan Kepala Dinas Pendidikan tempat Gedung B, Selasa, 13 September 2005 pukul 09.00.

    2. Harap Saudara mewakili saya menghadiri pelantikan Kepala Dinas Pendidikan pada Selasa, 13 September 2005 pukul 09.00 di Gedung B.

    3. Saudara mewakili saya hadir pada pelantikan Kepala Dinas Pendidikan pada Selasa, 13 September 2005 di Gedung B.

    4. Dengan hormat, saya harap Anda mewakili saya pada pelantikan Kepala Dinas Pendidikan di Gedung B pada Selasa, 13 September 2005.

    5. Saya minta Saudara hadir pada pelantikan Kepala Dinas Pendidikan di Gedung B pada Selasa, 13 September 2005 pukul 09.00.


  1. Kata penghubung digunakan secara tepat dalam kalimat … .

    1. Mereka belum percaya kalau Indonesia bisa membuat pesawat.

    2. Meskipun tidak diberitahu, tetapi ia sudah mengetahui.

    3. Kami bukan pelajar SMA, tetapi mahasiswa UPI Bandung.

    4. Distribusi tetap dilanjutkan meskipun menghadapi banyak tantangan.

    5. Karena sudah diperbaiki maka mobil ini nyaman dikendarai.



18.

NO

Judul Buku

Penulis

Penerbit

Kota Penerbit

Tahun Terbit

1.

2.

3.

4.

Santun Bahasa

Merahnya Merah

Suara

Kamus Ungkapan

Anton Moeliono

Iwan Simatupang

Toto Sudarto Bahtiar

J.S. Badudu

Balai Pustaka

Gunung Agung

Balai Pustaka

Pustaka Prima

Jakarta

Jakarta

Jakarta

Bandung

1984

1968

1962

1975


Urutan daftar pustaka berdasar atas data buku di atas yang benar adalah … .

A. (1) – (4) – (3) – (2)

B. (4) – (2) – (1) – (3)

C. (3) – (4) – (1) – (2)

D. (4) – (3) – (1) – (2)

E. (3) – (1) – (4) – (2)


  1. Kata yang mengandung makna meluas terdapat pada kalimat… .

    1. Pratiwi merupakan wanita Indonesia pertama yang menjadi astronot.

    2. Adiknya menjadi pramuwisma di Dubai.

    3. Kami masih trauma dengan peristiwa itu.

    4. Dia merasa kehilangan majikan kaya itu.

    5. Saya bertanggung jawab sebagai laki-laki.


  1. Kalimat yang tepat digunakan untuk mengakhiri pidato adalah … .

    1. Akhirnya, pidato ini saya tutup dengan harapan semoga bermanfaat bagi kita.

    2. Terima kasih atas perhatiannya, sampai berjumpa pada kesempatan lain.

    3. Demikian pidato saya. Mari kita meneladani perjuangan beliau.

    4. Demikianlah, akhirnya saya menghimbau agar pahlawan harus dikenang.

    5. Saya mengajak hadirin untuk terus berjuang dengan ikhlas.


  1. Kalimat-kalimat di bawah ini berpola S – P, kecuali … .

    1. Lari pada pagi hari itu sangat menyehatkan.

    2. Ibuku seorang pengacara terkenal.

    3. Uang ayah ada di almari kerja.

    4. Ibu Widya di kamar sebelah.

    5. Persolanan yang kami hadapi hanya dua.

  2. Sulung : Begitu pendapat, Bapak? Memang Bapak ada hak penuh untuk berpendapat demikian itu.

Bapak : Nak, keyakinanmu salah, sadarlah!

Sulung : Salah bagi Bapak, benar bagiku. Dan aku sadar benar akan itu. Dan penuh kesadaran pula aku bersedia menanggung risikonya.


Konflik dalam kutipan di atas adalah … .

    1. anak tidak dipedulikan oleh bapak

    2. anak memaksakan kehendak kepada bapak

    3. kemarahan bapak kepada anak

    4. bapak tidak berhasil menasihati anak

    5. bapak merasa bersalah


  1. Kalimat yang memiliki majas sama dengan kalimat Seperti patung polisi saja ia menunggumu di tepi jalan adalah … .

    1. Ika dan Ina seperti pinang dibelah dua.

    2. Janganlah sering kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu.

    3. Lihat, sang raja telah duduk di singgasana.

    4. Angin tipis berhembus, batang padi menari lemah gemulai.

    5. Ada 10 juta jiwa yang tidak tertangani program itu.


  1. Terjadi pertumbuhan cepat dalam industri motor.

Frasa pertumbuhan cepat sejenis dengan frasa dalam kalimat … .

    1. Perjanjian damai harus segera dilakukan.

    2. Setiap orang pasti mengalami cobaan hidup.

    3. Beliau tidak menempati rumah dinas.

    4. Rumah kami digunakan untuk penimbangan badan bayi.

    5. Kedatangan Bapak sangat membanggakan kami.


  1. Saya menganggap bahwa kesalahan itu karena kelalaian semata. Pengamatan selama ini masih perlu diuji lagi. Tidak ada kepastian tentang kebenaran sementara. Kebenaran harus terus dicari sampai tak ada lagi kesalahan. Itu harus kita lakukan.


Kata penghubung yang menyatakan penegas terdapat pada kalimat … .

    1. pertama

    2. kedua

    3. ketiga


    1. keempat

    2. kelima



  1. Pernyataan yang berisi fakta terdapat pada kalimat … .

    1. Artis dan politikus kita sangat komsumtif.

    2. Para juri terharu melihat penampilan Tio.

    3. Peristiwa kecelakaan itu terjadi tepat pada pukul 07.15.

    4. Seminar ini dianggap berhasil karena peserta tetap duduk sampai acara berakhir.

    5. Liem memiliki gurita bisnis yang sangat kuat.


  1. Sudahlah Di, kamu harus dapat mencari teman bicara atau apa saja untuk tempatmu menumpahkan segala perasaan. Begitu kata hatiku. Kamu harus yakin bahwa dengan orang lain kamu pasti bisa. Sebaliknya kamu akan menjadi patung yang tidak bisa berbuat apa-apa. Ingatlah peribahasa … .

    1. Bulat air karena pembuluh, bulat kata karena mufakat.

    2. Tidak akan lari gunung dikejar.

    3. Berjalan peliharakan kaki, berkata peliharakan lidah.

    4. Tiada gading yang tidak retak.

    5. Duduk seorang bersempit-sempit, duduk bersama berlapang-lapang.


  1. Penulisan alamat tujuan surat berikut ini yang benar adalah … .

    1. Kepada Yth:

Dra. Silvanaida

Jl. Cik Di Tiro 40

Pekanbaru

    1. Yth. Dra. Silvanaida.

Jalan Cik Di Tiro 40

Pekanbaru

    1. Kepada

Yth. Dra. Silvanaida

Jl. Cik Di Tiro 40

PEKANBARU

  1. Yth. Dra. Silvanaida

Jl. Cik Di Tiro 40

Pekanbaru

    1. Kepada Yth.

Dra. Silvanaidas

Jl. Cik Di Tiro 40

Pekanbaru.


  1. Minyak bumi sebagai sumber daya alam yang tak ternilai memang bukan satu-satunya sumber energi di dunia ini karena masih ada sumber energi lain seperti sinar matahari, listrik, batubara, gas alam, serta nuklir. Namun, sejauh ini kita dapat mengatakan bahwa untuk memperoleh minyak bumi tidak sulit. Hal ini karena kita memiliki banyak sumber minyak bumi di seluruh pelosok negeri kita. Oleh karena banyaknya minyak bumi inilah, pemerintah mengekspor guna mendapatkan devisa serta menjadi anggota OPEC.


Paragraf di atas dikembangkan dengan bentuk … .

    1. generalisasi

    2. sebab akibat

    3. analogi

    4. entimem

    5. silogisme



  1. Surat adalah lembaran kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organisasi yang ditujukan pada alamat tertentu dan memuat informasi tertentu pula. Pengertian lain dari surat adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan isi hati atau maksud kepada orang lain. Pihak lain dalam hal ini dapat diartikan perseorangan ataupun badan. … .


Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas adalah … .

    1. Penulis surat harus memperhatikan karakter penerima surat.

    2. Surat bukan barang asing lagi bagi masyarakat.

    3. Dengan demikian, isi surat harus dapat mewakili maksud penulis.

    4. Surat yang salah kirim dapat menimbulkan persoalan baru.

    5. Semua pihak harus dapat memahami cara penulisan surat.


  1. Kalimat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan dalam diskusi adalah … .

    1. Tolong jelaskan lagi keterangan Anda tadi!

    2. Keterangan Anda tidak jelas, saya ingin bertanya.

    3. Perkenankan saya mengajukan pertanyaan berkaitan dengan keterangan Saudara penyaji.

    4. Saya akan bertanya, mohon diizinkan.

    5. Interupsi, saya akan mengajukan pertanyaan.


  1. Bagian pembuka surat undangan resmi yang berhubungan dengan pelaksanaan lomba drama antarsekolah yang paling tepat adalah … .

    1. Kami panitia Lustrum IX SMA 1 Semarang akan mengadakan lomba.

    2. Kami berharap agar sekolah Saudara dapat mengikuti lomba drama ini.

    3. Dalam rangka Lustrum IX SMA 1 Semarang, akan dilaksanakan lomba drama antarsekolah.

    4. Melalui surat ini, kami adakan lomba drama antarsekolah.

    5. Perlombaan drama antarsekolah akan kami selenggarakan.


  1. Tak bisa kurang sedikit?”

Tentu saja bisa, Mister. Dalam perdagangan, seperti tuan maklum, harga bisa damai. Apalagi Mister pecinta benda seni.” Tammy tak mendengarkan lebih lanjut. Dengan tangkas dia bangkit ke belakang. Dia menulis surat untuk Tuan Wahyono, ahli keramik sebelah kamar. Dia suruh pelayannya cepat mengantarkan surat itu. ”Aku minta bantuan Tuan Wahyono untuk menilai harga teko ini. Dia adalah ahli keramik. Rumahnya di sebelah itu,” ujar Tammy setelah kembali duduk di dekat tamunya.


Amanat penggalan cerpen di atas adalah … .

    1. Dalam berdagang tidak boleh memberikan harga mati.

    2. Sebaiknya menyerahkan suatu urusan kepada orang yang ahli.

    3. Kita harus menjaga hubungan yang baik dengan bekerja.

    4. Karyawan harus taat dan cekatan dalam bekerja.

    5. Surat bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.


  1. Pada tes uji coba yang lalu, Rani, Nisa, dan Iwan mendapatkan nilai delapan. Iksan, Rifa, dan Rido bernilai tujuh. Hanya Edo yang mendapat nilai lima.


Simpulan generalisasi yang tepat untuk paragraf di atas adalah … .

    1. Hasil ulangan kelas tersebut bagus.

    2. Hanya tiga orang yang pandai.

    3. Edo paling bodoh di kelasnya.

    4. Nilai rata-rata ulangan kelas tersebut cukup baik.

    5. Evaluasi tersebut mudah dikerjakan.


  1. Masihkah akan ditulis juga kalimat-kalimat seperti ini di belakang foto anakku yang ketiga kemudian mati? Oh, Tuhanku,” keluh wanita itu di antara isak tangisnya.


Penggalan cerita pendek di atas menggambarkan situasi … .

    1. ragu-ragu

    2. cemas

    3. sedih

    4. pasrah

    5. tegang


  1. tentara rakyat telah melucuti kebatilan

setelah mereka menyimakkan deru sejarah

dalam regu perkasa mulailah melangkah

karena perjuangan pada hari-hari ini

adalah perjuangan dari kalbu yang murni

belum pernah kerisauan terasa begini eratnya

kecuali dua puluh tahun yang lalu


Maksud panyair dalam penggalan puisi di atas adalah … .

    1. kejujuran dan kemanusiaan

    2. menggambarkan pergolakan batin dan keputusasaan

    3. menjunjung tinggi sejarah dan persatuan

    4. perjuangan dan penegakan kebenaran

    5. mengajak untuk berjuang kembali


  1. Ternyata, kabar itu benar. Wajah petugas yang kusus menerima berita tersebut langsung menjadi cerah. Secara spontan mereka bersalaman. Ruangan yang terasa sempit sekarang menjadi lega. Betapa tidak, andaikata benar berita itu benar, mereka akan menghadapi dua hal, hidup atau mati.


Kalimat yang berisi pendapat terdapat pada … .

    1. kalimat pertama

    2. kalimat kedua

    3. kalimat ketiga

    4. kalimat keempat

    5. kalimat kelima


  1. Pergelaran Wayang Indonesia damai memberi makna yang benar dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Bisa juga sebagai media pendingin suasana agar menjadi lebih reda, tidak panas lagi.


Tanggapan yang positif atas berita di atas adalah … .

    1. Wayang tidak berpengaruh atas suasana di Indonesia.

    2. Indonesia memang sedang panas.

    3. Pagelaran tersebut sebuah upaya yang baik.

    4. Acara itu belum diketahui manfaatnya.

    5. Apakah hubungan wayang dengan suasana panas?


  1. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan syarat yang tak sempat disampaikan

awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.


Puisi di atas menggambarkan bahwa penulis adalah seorang yang … .

    1. sederhana

    2. romantis

    3. putus asa

    4. berpikir baik

    5. mudah marah


  1. ingin aku ikut gadis kecil berkaleng kecil

pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok

hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan

gembira dari kemayaan riang


Penggalan puisi di atas mengandung nilai … .

    1. moral

    2. pendidikan

    3. agama

    4. sosial

    5. budaya


  1. Segala daya dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


Kata yang tepat untuk menggambarkan daya dan upaya adalah … .

    1. taktik

    2. strategi

    3. model

    4. program

    5. kegiatan


  1. Sesaat setelah bom meledak, para tamu hotel tidak dapat segera menyelamatkan diri karena pandangan tertutup asap tebal yang menyesakkan dada.


Inti kalimat di atas adalah … .

    1. bom meledak

    2. para tamu menyelamatkan diri

    3. pandangan tertutup asap

    4. asap tebal menyesakkan dada

    5. pandangan para tamu tertutup asap tebal


  1. Pemimpin yang baik bisa menjadi teladan bagi bawahannya.

Pak Endra bisa diteladani bawahan. Oleh karena itu, Pak Endra … .

    1. seorang pemimpin yang baik

    2. seorang teladan yang bisa dicontoh

    3. pemimpin yang bisa menjadi teladan bagi bawahannya

    4. bisa diteladani bawahan

    5. diteladani karena kebaikannya


  1. Kondisi keamanan Jakarta mulai dipertanyakan karena terjadinya ancaman bom lagi.


Komponen pokok frasa pada kalimat tersebut adalah … .

    1. keamanan, dipertanyakan, ancaman

    2. Jakarta, dipertanyakan

    3. kondisi, dipertanyakan

    4. kondisi, dipertanyakan, ancaman

    5. kondisi, dipertanyakan, bom


  1. (1) Kecelakaan kereta api sering terjadi di berbagai wilayah. (2) Menteri Perhubungan telah memvonis bahwa musibah tersebut karena faktor human error. (3) Hal ini tidak sepenuhnya dapat dibenarkan. (4) Asalkan kinerja perusahaan mau dibenahi, kejadian serupa dapat diminimalkan. (5) Pada akhirnya, kenyamanan dan keselamatan pengguna jasa transportasi ini bukan hal yang sulit diujudkan.


Kalimat tidak logis dalam paragraf di atas adalah … .

    1. kalimat (1)

    2. kalimat (2)

    3. kalimat (3)

    4. kalimat (4)

    5. kalimat (5)


  1. Orang yang tidak punya pendirian akan mengikuti apa saja pendapat orang lain.

Peribahasa yang tepat untuk menyatakan hal itu adalah … .

    1. telunjuk lurus kelingking berkait.

    2. Ke mana angin berhembus ke situ condongnya.

    3. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

    4. Bila pandai meniti buih, selamat badan ke seberang.

    5. Jika takut dilimbur pasang, jangan berumah di tepi pantai.


  1. Penanda hubungan pengakibatan terdapat pada kalimat majemuk bertingkat berikut, yaitu … .

    1. Akibat malas belajar, nilai ulanganku jelek.

    2. Keseriusan belajar anak memiliki akibat positif terhadap prestasi.

    3. Kalau sudah berhasil, Edo akan mengajak teman-teman makan.

    4. Banjir selalu melanda Jakarta karena daerah resapan air telah habis.

    5. Dia giat berolahraga sampai badannya menjadi atletis.


  1. (1) Pemuda zaman kemerdekaan

  1. Pemuda pada masa pra-kemerdekaan

  2. Peran pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa

  3. Pemuda di masa pembangunan

Pernyataan-pernyataan di atas akan menjadi kerangka paragraf yang baik apabila disusun dengan urutan … .

    1. 1, 3, 4, 2

    2. 1, 2, 3, 4

    3. 3, 2, 1, 4

    4. 2, 4, 3, 1

    5. 1, 3, 2, 4


  1. Ketika matahari hampir terbenam, kami sampai di tepi pantai. Laut dan langit biru terlihat sangat jernih. Di belakang kami tampak gunung hijau kebiruan. Cahaya sang surya yang redup menjadikan laut tidak begitu panas sehingga pantai menjadi indah. Di atas laut tampak warna gemerlap, kapal nelayan yang tampak kecil ikut menghiasi pemandangan.


Isi laporan perjalanan di atas adalah … .

    1. keindahan laut menjelang senja

    2. perjalanan ke laut yang indah

    3. keadaan pantai pada senja hari

    4. kehidupan nelayan di laut lepas

    5. keindahan laut



50. (1) Pemakaian BBG menghemat Rp 4.250,00 dibandingkan dengan premium dan Rp 6.250,00 dibandingkan dengan premix.(2) Apabila mobil dijalankan selama setahun, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai Rp 1.275.000,00 dibandingkan dengan premium dan Rp 2.025.000,00 dibandingkan dengan premix. (3) Pada hal untuk mengubah mobil ber-BBM menjadi ber-BBG hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 2.500.000,00. (4) Biaya tersebut sudah termasuk tabung gas dan pengubahan system BBG yakni kit konvensi.

Kalimat yang menyatakan hubunga bersyarat terdapat pada kalimat … .

    1. kesatu

    2. kedua

    3. ketiga

    4. keempat

    5. kesatu dan kedua



BAHASA INGGRIS



Text 1


The Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) which began in 1981, is beneficial for both young people of Indonesia and Australia, and the two countries themselves.

Firstly the participants can get an opportunity for first-hand experience of living in and being an active part of another culture. Their experience is from a “rural stay”, in which the groups live in a village, and an “urban stay”, where they live in a town or city. In the two places they stay with host families.

Besides, they can develop their personality in team work and negotiating skill, leadership, confidence, etc. This is so because they are given a chance to undertake a community based work and social activities in the urban stay.

Moreover, they can have practical experiences and the development of skill related to their academic studies or personal career paths. The experience can be obtained through undertaking experience related to their chosen fields of study or expertise, where-ever possible.

Not only for the participants, but the countries also get benefit from the program. It can contribute to a more stable and enduring relation ship between Australia and Indonesia, increase people-to-people contacts and institutional links and can develop a greater understanding of present Australia-Indonesia relationships and possibilities for future cooperation and involvement.

This AIYEP has proven to be a fruitful program.


  1. What is the type of the text?

    1. Analytical exposition

    2. Hortatory exposition

    3. Description

    4. Discussion

    5. Report


  1. What is the schematic structure of the text?

    1. Thesis, arguments, recommendation

    2. Thesis, arguments, reiteration

    3. Orientation, events, reiteration

    4. Orientation, events, twist

    5. Identification, description


  1. What is the social function of the text?

    1. To explain the process involved in the formation of a socio-cultural phenomenon

    2. To persuade the reader that something should not be the case

    3. To persuade the reader that something is the case

    4. To present two points of view about an issue

    5. To retell an event for the purpose of informing


  1. Firstly the participants can get an opportunity for first hand experience (paragraph 2)

The synonym of the underlined word is ___ .

    1. chance

    2. time

    3. vacation

    4. sparetime

    5. willingness


  1. Besides, they can develop their personality in team work and … (paragraph 3)

The underlined word means___ .

    1. support

    2. improve

    3. help

    4. obtain

    5. give


  1. between Australia and Indonesia, increases people to people (paragraph 5).

The antonym of the underlined word is ___ .

    1. decrease

    2. improve

    3. develop

    4. grow

    5. rise

  1. What is the best title of the text?

    1. Youth Exchange

    2. Youth Exchange Program

    3. Australia Youth Exchange Program

    4. Indonesia Youth Exchange Program

    5. Australia-Indonesia Youth Exchange Program


  1. What is the topic of the text?

    1. The reasons for Australia-Indonesia Youth Exchange Program

    2. The experience obtained in Australia-Indonesia Youth Exchange Program

    3. Indonesia and Australia get the benefit from Youth Australia get the benefit from Youth Exchange Program

    4. The Australia-Indonesia Youth Exchange Program is beneficial for their youth and countries

    5. The practical experience got through Australia-Indonesia student exchange program


  1. Which of the following statements is correct?

    1. AIYEP is just for teenagers under seventeen

    2. AIYEP participants are only allowed to stay with the rich

    3. AIYEP participants do not study leadership

    4. Australia will halt the AIYEP because of some reasons

    5. AIYEP has proven to be a fruitful program


  1. Moreover, they can have practical experience and development of skill related to their academic studies or personal career paths (paragraph 4).

The synonym of the underlined word is ___ .

    1. Accordingly

    2. However

    3. In the meantime

    4. Furthermore

    5. On the other hand


TEXT 2


When we buy a mobile phone, we have to think about the advantages as well as the disadvantages. Doing so, we will be able to make a wise decision.

If we decide to buy a mobile phone, we can start asking ourselves the usefulness of the equipment. We may ask, “ Do we want it for our prestige or its usefulness?

After we decide to use a mobile phone, we should make a choice on the type of mobile phone. With the various choices the market, we should decide the one that meet our needs. We must know what we need.

As the consequence of its high operational costs, we have to pay more for a mobile phone compared to a fixed telephone. That is why we have to think carefully before we decide to use it. Therefore, we only use the mobile phone for important talks. It will not be wise if we use it for a chat with a friend.

With all the consequences of the mobile phone, we indeed should give serious considerations before using it.

They are:

  1. Ask yourself, “Do I really need it at the moment?”

  2. Buy the mobile phone that suits your budget.

  3. Prioritize the function of the mobile phone for you, rather than its features that may interest you.

  4. Use the mobile phone for important talk.


  1. What is the type of the text?

    1. Analytical exposition

    2. Hortatory exposition

    3. Explanation

    4. Commentary

    5. Narrative


  1. What is the social function of the text?

    1. To persuade the reader that something should or should not be the case

    2. To persuade the reader that something is the case

    3. To describe how something is accomplished through a sequence of action

    4. To critique an art work for a public audience.

    5. To share with others an account of an unusual or amusing incident


  1. What is the schematic structure of the text?

    1. Thesis, arguments, reiteration

    2. Thesis, arguments, recommendation

    3. Orientation, events, twist

    4. Orientation, events, reorientation

    5. Newsworthy, events, background events, sources


  1. What does the text tell us about?

    1. Having a mobile phone is wasteful

    2. The types of the mobile phones

    3. How to use a mobile phone efficiently

    4. Making a wise decision to have a mobile phone

    5. Buying a cheap mobile phone is wise


  1. Which statements is right?

    1. Having a mobile phone is for the prestige.

    2. There are more disadvantages of having a mobile phone.

    3. The operational costs of a mobile phone is cheaper than a fixed telephone.

    4. It is wise for us to use our mobile phones just for important talk.

    5. Chatting via a mobile phone is very cheap.


TEXT 3


There are differences of opinions on the Avian Flu. Some said this could claim 150 million deaths but there are others who said current alarm on Avian Flu is unwarranted as there is no proof of spreading between humans.

According to United Nations chief coordination on bird flu said 150 million or more could die from the disease if a pandemic strikes.

One of the frightening issues for a human flu pandemic arising from avian influenza is its unpredictability. It’s difficult to estimate the death toll should H5N1 virus mutates into a form, which can be easily transmitted between human. It is not possible to predict whether a pandemic would occur once or it would repeat. However, an epidemiologist recommended that the governments should take every possible precaution against the threat of bird flu, seriously.

Contrary to all dire tasks about avian flu pandemic coming, an ecologist dismissed the current panic as unsubstantiated and guess work.

Ecologist commented that H5N1 virus still remains a bird virus and has no scientific evidences of human-to-human transmission. There are billion of people across Asia which only 118 are reported being effected by avian flu. So how do they calculate to show that 150 million or more deaths will come from avian flu. The global panic, according to the ecologist, is the result of “scare tactics” created by politicians, medical officers, and the media.

It is premature to predict the outcome of avian flu until health scientist could confirm the possibility of human-to-human transmission. The Advice is to keep cool and DON’T PANIC because if you do, you will weaken your resistance and reduce your immune system.



  1. What is the best title of the text?

    1. Pandemic

    2. The United nations

    3. The Right Number of Deaths

    4. The Mutation of H5N1 to Human

    5. The Government Efforts to combat H5N1


  1. What is “Pandemic”?

    1. An illness caused by virus

    2. The bird virus mutates to human

    3. The avian flu in the continent of Asia

    4. A disease which is widespread among population, globally

    5. An illness caused by birds which affects people in Asia


  1. What is H5N1?

    1. It is a bird virus

    2. It is a human virus

    3. It is a mental illness

    4. It is related to cow disease

    5. It is an environmental disease


  1. It is premature to predict the outcome of avian flu until … . (the last paragraph).

The synonym of the underlined word is ___ .

    1. figure out

    2. think over

    3. come across

    4. make up

    5. point out


  1. What type of text is it?

    1. reports

    2. Review

    3. Narrative

    4. Discussion

    5. Explanatory


  1. What is the organization of the text?

    1. Identification, description

    2. Thesis, argument, recommendation

    3. Thesis, argument, reiteration

    4. Issue, argument for and against or statements of differing points of view, conclusion or recommendation

    5. General statement to position the reader, sequenced explanation, evolutionary step


  1. What is the communicative purpose of the text?

    1. To present (at least) two points of view about an issue

    2. To retell an event with a humorous twist

    3. To retell an event for the purpose of entertaining

    4. To persuade the reader that the avian flu is the case

    5. To persuade the reader that something should or should not be the case


  1. It is not possible to predict whether a pandemic would occur once or it would repeat.

The synonym of the underlined word is ___ .

    1. take over

    2. take place

    3. take along

    4. take down

    5. take off



TEXT 4


Typhus is a contagious disease, which is caused by germ named Salmonella lyphi. This germ enters into human body through the impure food or drink. When the germs enter the body, people will get syndrome after seven to twenty one days.

The main syndrome is a fever. At the first phase, the fever will increase step by step during five to seven days. Then, it will be high constantly. Besides, the infected people also will get a disturbing digestion, such as a disturbing taste and uncomfortable stomach. They also may get diarrhea. At a serious infection, the disease will cause people to get consciousness disturbance, even shock.

However, because of the advanced technology in medicine, typhus can be cured using the antibiotic therapy. The patients will get well and be productive again, but some of them still have the typhoid germs in their bodies, and this germ can be found in their urine. They become the contagion of this disease to other people, although they have not suffered it. These people are called carriers.



  1. What is the type of the text?

    1. Narrative

    2. Anecdote

    3. Procedure

    4. Commentary

    5. Explanatory


  1. What is the topic of the second paragraph?

    1. How to recover the typhus

    2. The advanced medicine

    3. How the typhus syndrome works

    4. Some factors that cause the typhus

    5. How the typhus infects other people


  1. Which of the following statements is NOT correct?

    1. The first syndrome of typhus is fever

    2. Typhus can be cured by antibiotic therapy

    3. People may get shock because of the typhus

    4. The germ that causes typhoid is called Salmonella lyphi

    5. People who have been recovered from typhus cannot transfer it to other


TEXT 5


What do you call the card in your wallet that lets you 77 cash money from an ATM and make 78 without using credit. The answer is a debit card. 79 if you said a check card or an enhanced ATM card or even an express checking card you could be 80 as well. 81 banks call debit cards different think.


  1. A. withdraw

    1. conserve

    2. save

    3. send

    4. borrow


  1. A. sellings

  1. lendings

  2. purchases

  3. borrowings

  4. investings


  1. A. But

  1. If

  2. When

  3. While

  4. Whereas


  1. A. similar

  1. like

  2. right

  3. wrong

  4. false


  1. A. differ

  1. differing

  2. difference

  3. different

  4. differentiate



TEXT 6


There are numerous things you can do to 82 your risk of cancer by a third. Research 83 by Harvard University showed one third of the seven million cancer 84 in the works in 2001 could have been 85 if the victims had taken sufficient fruits and vegetables, refrain from smoking, take less salt, sugar and oil, do more exercises, 86 red meat consumption and 87 their weight. Over indulgence on unhealthy 90 are key factors for stroke, cancer and heart attacks.


  1. A. support

  1. create

  2. release

  3. minimize

  4. organize


  1. A. carry out

  1. carries out

  2. carried out

  3. carrying out

  4. to carry out


  1. A. deaths

  1. illnesses

  2. diseases

  3. sufferings

  4. poverties


  1. A. modified

  1. avoided

  2. escaped

  3. left out

  4. put out


  1. A. cut down

  1. calm down

  2. take away

  3. think over

  4. make up


  1. A. looked at

  1. showed

  2. saw

  3. peeped

  4. watched


  1. A. sports

  1. doings

  2. habits

  3. exercises

  4. sleeps


TIDAK ADA HUBUNGAN DENGAN TEKS!


  1. When the teacher entered the classroom the students had done the exercises.

It means ___ .

    1. the teacher didn’t see the students doing the exercises

    2. the teacher saw the students doing the exercises

    3. the teacher helped the students doing the exercises

    4. the students let the teacher do the exercises

    5. the students didn’t do the exercises


  1. By the end of this semester my sister ___ at the University for five years.

    1. will have been studying

    2. will have studied

    3. has been studying

    4. has studied

    5. will study


  1. Leni : Do you know the man ___ the paper in the seminar yesterday?

Lita : Sure. He is the new manager of this company.

    1. present

    2. presents

    3. presented

    4. presenting

    5. to present


  1. Deni : I wish I ___ time to meet Rini today.

Dina : It’s OK she is in the library now.

    1. have

    2. had

    3. had had

    4. am having

    5. were having


  1. The book ___ these two chapter are taken is available in the library.

    1. that

    2. which

    3. whom

    4. on which

    5. from which


  1. Nita knows nothing about machine but her broken car is okay now.

She ___ .

    1. must have it repaired

    2. should have it repaired

    3. must have repaired it

    4. must have had repaired it

    5. must have had it repaired


  1. Dian didn’t live here anymore.

She ___ to another city.

    1. moves

    2. moved

    3. is moving

    4. is moved

    5. had moved


  1. He looked very sad when he left the principal’s room this morning.

The principal ___ him for his fault.

    1. punished

    2. may punish

    3. will punish

    4. must punish

    5. might have punished


  1. The livingroom ___ when we arrived at her house.

    1. was decorating

    2. is decorating

    3. is being decorated

    4. was being decorated

    5. has been decorated


  1. Why did the man act as if he ___ drunk?

    1. is was

    2. were

    3. had been

    4. would be


  1. Any : Dea, where is my new novel?

Dea : It sounds like an accusation, isn’t it.

Any : I just asked you whether you saw my new novel.

From the dialogue above we can conclude that Dea thinks Any is ___ her.

    1. agreeing

    2. accusing

    3. suggesting

    4. requesting

    5. regretting


  1. Ira : May I help you?

Iin : No, thanks. I think I’m able to do it by myself.

From the dialogue above we can conclude that___.

    1. Ira expresses ability

    2. Iin expresses ability

    3. Iin expresses apology

    4. Iin asks for help

    5. Ira expresses opinion


Tidak ada komentar: